Model Pembelajaran SOLE (Self Organized
Learning Environment) Terintegrasi Sumber Belajar Pada Portal Rumah Belajar
Apa jadinya jika pembelajaran jarak jauh tidak ada variasinya, Pastinya sebagai seorang pendidik yang diinginkan adalah peserta didik tetap semangat dalam pembelajaran jarak jauh. Banyak portal pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran jarak jauh, salah satunya yakni Rumah Belajar. Rumah Belajar dikembangkan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengembangkan sumber belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terdapat dalam sebuah portal pembelajaran resmi kemdikbud dengan alamat url http://belajar.kemdikbud.go.id , selain itu aplikasi Rumah Belajar dapat juga di download di Play Store atau App Store.
Portal Rumah belajar, sesuai dengan yang dijelaskan pada halamannya, merupakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industry 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar dimana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.
Terdafat empat fitur utama yakni sumber belajar, kelas maya, laboratorium maya dan bank soal. Selain itu, terdapat juga fitur - fitur pendukung lainnya seperti buku sekolah elektronik, peta budaya, wahana jelajah angkasa, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan edugame. Semua fitur ini dapat dimanfaatkan secara gratis. Salah satu fitur utama yang terdapat di Rumah Belajar yakni sumber belajar yang merupakan fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi. Materi yang disajikan dapat dimanfaatkan secara online maupun offline bagi guru maupun peserta didik pada semua jenjang. Sumber belajar hadir sebagai bentuk akselerasi gaya belajar peserta didik yang sudah melek dengan TIK. Peserta didik dapat dengan mudah menggunakan internet untuk belajar secara mandiri dengan cepat,sehingga akan memperluas dan meningkatkan pengetahuan. Selain itu, dengan durasi video yang singkat, padat, kreatif, dan menarik akan merangsang motivasi peserta didik dalam belajar.
Dalam
pembelajaran jarak jauh, kehadiran Rumah Belajar sangat dibutuhkan, Terdapat
banyak model pembelajaran yang dapat diintegrasikan dengan pemanfaatan Rumah
Belajar, salah satunya yakni model
pembelajaran SOLE (Self Organized
Learning Environment) . Sole merupakan model pembelajaran yang menitik
beratkan pada proses belajar mandiri dengan memanfaatkan internet dan perangkat
seluler. Model ini digagas oleh Sugata Mita praktisi pendidikan asal India.
Model pembelajaran SOLE memiliki tujuan membentuk kompetensi atau keahlian yang
dimiliki oleh peserta didik, Tiga kompetensi
yang diharapkan akan terbentuk dalam diri peserta didik melalui SOLE yakni
berfikir kritis, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan berkomunikasi.
Pertama, berfikir kritis, merupakan tahapan dimana melatih rasa ingin tahu
peserta didik, dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait materi yang akan
diajarkan, berbekal rasa ingin tahu maka peserta didik akan menggunakan
perangkat internet yang dimilikinya untuk mencari jawaban. Kedua, kemampuan
memecahkan masalah, Pertanyaan yang muncul membutuhkan jawaban, pada tahapan
inilah peserta didik mencari jawaban dengan menggunakan dan memanfaatkan
perangkat internet, sehingga membuat peserta didik dirangsang untuk memecahkan
masalah. Terakhir, kemampuan berkomunikasi, peserta didik diberikan kesempatan
menyampaikan jawaban yang di dapat berdasarkan pemahaman. Dengan menyampaikan
jawaban diharapkan dapat melatih kemampuan berkomunikasi peserta didik.
Terdapat
tiga tahapan dalam model pembelajaran SOLE yang harus dilakukan oleh peserta
didik, tugas guru hanya memberikan Big
questions untuk memicu rasa ingin tau peserta didik, aktifitas selanjutnya
terkait kreatifitas peserta didik.
Tahapan atau langkah model pembelajaran SOLE adalah sebagai berikut :
1.Pertanyaan
(Question)
Merupakan
tahapan pertama dimana guru memberikan pertanyaan untuk menimbulkan rasa ingin
tahu peserta didik terhadap materi yang diajarkan .
2.Investigasi
(Investigate)
Pada
tahapan investigasi menggunakan perangkat internet yang dimilikinya untuk
mencari jawaban terhadap pertanyaan yang diberikan.
3.Mengulas
(Review)
Pada
tahapan akhir ini, peserta didik dimintakan untuk mempersentasikan hasil
penemuan.
Terkait
model pembelajaran sole yang dipadukan dengan sumber belajar
(sumber.belajar.kemdikbud.go.id) yang ada pada portal rumah belajar
(belajar.kemdikbud.go.id) langkah terperinci seperti berikut ini :
1.Langkah
pertama
Pertanyaan (Question)-
Mengecek kehadiran peserta didik, pemberian motivasi agar tetap
semangat belajar dari rumah, memberikan pertanyaan terkait materi yang akan
dipelajari dengan tujuan untuk menimbulkan rasa ingin tahu , mendorong peserta didik untuk berfikir
kritis.
Investigasi (Investigate)- Pada tahapan ini, peserta didik menggunakan perangkat internet yang dimilikinya untuk mencari jawaban terhadap pertanyaan yang diberikan sebelumnya, Peserta didik dalam mencari jawaban diarahkan untuk mengakses sumber belajar yang ada pada Portal Rumah Belajar.
Manfaat
yang dirasakan oleh peserta didik dengan belajar di Sumber Belajar pada portal
Rumah Belajar antara lain :
1.Video
pembelajaran disajikan menarik dan dengan durasi yang singkat sehingga tidak
menimbulkan kejenuhan bagi peserta didik.
2.Video
sumber belajar lahirkan kreatifitas bagi peserta didik
3.Peserta
didik semakin terlatih dalam penggunaan teknologi
Merdeka
belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.
#PembaTIK2020
#PusdatinKemdikbud
#RumahBelajar
#DutaRumahBelajar2020
#MerdekaBelajar
#BerbagiTIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar